Selasa, 19 Mei 2015

Profesi pada bidang Teknologi Informasi (IT)

Teknologi Informasi atau IT merupakan salah satu bidang yang sangat luas baik dari segi pendidikan maupun profesi atau pekerjaannya. Dalam dunia pendidikan, bidang IT pun masih jadi incaran para mahasiswa karena banyaknya jenis pekerjaan yang menanti. Tak ayal, gaji yang diperoleh oleh orang yang bekerja di bidang IT pun cukup besar. Pada awal kemajuan teknologi di Indonesia, masih jarang sekali sumber daya manusia yang menguasai bidang ini karena itulah gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan. Meskipun pada saat ini orang yang menguasai bidang IT tidak sedikit, namun masih sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Dan semakin berkembangnya teknologi, makin berkembang pula cabang ilmu dan pekerjaan pada bidang ini.

Berikut ini beberapa jenis profesi pada bidang IT, diantaranya adalah :
  • Programmer
Programmer adalah orang yang membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan.
  • IT Support
IT Support merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti install software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. Profesi ini cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan pendidikan khusus.
  • Software Engineer
Software Engineer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memproduksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

  • Database Administrator
Database Administrator adalah mereka yang memiliki keahlian untuk mendesain, mengimplementasi, memelihara dan memperbaiki database.

  • Web Administrator
Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website.

  • Web Developer
Web Developer adalah mereka yang memiliki keahlian untuk memberikan konsultasi pembangunan sebuah situs dengan konsep yang telah ditentukan.

  • Web Designer
Web Designer adalah mereka yang memiliki keahlian dalam membuat design atraktif dan menarik untuk situs serta design untuk kepentingan promosi situs secara visual.

  • Network Engineer
Network Engineer adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.

  • System Analyst
System Analyst adalah orang yang memiliki keahlian untuk menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.

Mereka yang bekerja di bidang IT biasanya bekerja dengan tidak mengenal waktu. Artinya, kapanpun mereka dibutuhkan mereka harus siap. Tetapi beberapa juga bisa mengerjakan pekerjaannya kapan p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar